<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan RPP Tematik-Integratif Berbasis Pendekatan Scientific bagi Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara"^^ . "Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menghasilkan RPP tematik-integratif berbasis pendekatan scientific yang layak bagi peserta didik kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara, dan 2) mengetahui efektivitas RPP tematik-integratif berbasis pendekatan scientific bagi peserta didik kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara. \r\nJenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Developement (R & D). Pengembangan dilakukan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) studi pendahuluan, (b) pengembangan draf produk, dan (c) pengujian. Validasi produk melibatkan dosen ahli perangkat pembelajaran dan dosen ahli materi. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas IV SD N Rejowinangun Utara 2 yang terdiri dari 6 peserta didik pada uji coba terbatas dan 16 peserta didik pada uji coba lebih luas. Subjek uji efektivitas 18 peserta didik kelas IV SD N Rejowinangun Utara 4. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian RPP untuk ahli, angket respon RPP untuk guru, angket respon peserta didik, lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan paired t-test atau uji t berpasangan pada pre-test dan post test penilaian hasil belajar untuk uji efektivitas.\r\nHasil penilaian kelayakan oleh ahli perangkat pembelajaran dan ahli materi menunjukkan RPP tematik-integratif berbasis pendekatan scientific layak digunakan dengan kriteria “Sangat Baik” bagi peserta didik Kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara dengan skor nilai masing-masing 83% dan 81%. Penerapan RPP pada uji coba terbatas dan uji coba lebih luas dapat terlaksana dengan kategori “baik” dan “sangat baik” dengan skor nilai masing-masing 77,5% dan 82%. Uji efektivitas menggunakan desain eksperimen ¬before-after dari data hasil pre-test dan post test hasil belajar menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan harga t hitung -15,65 pada taraf signifikansi 5% yang berarti RPP tematik-integratif berbasis pendekatan scientific dapat dinyatakan efektif bagi peserta didik Kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara."^^ . "2015-06-30" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Siti"^^ . "Nurhidayati"^^ . "Siti Nurhidayati"^^ . . . . . . "Pengembangan RPP Tematik-Integratif Berbasis Pendekatan Scientific bagi Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara (Text)"^^ . . . "tesis-siti-nurhidayati-12712251004.swf"^^ . . "HTML Summary of #19360 \n\nPengembangan RPP Tematik-Integratif Berbasis Pendekatan Scientific bagi Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .