TY - THES A1 - Wulandari, Isnaini PB - UNY N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan RPP tematik-integratif dengan karakter tanggung jawab menggunakan model inquiry yang layak di kelas IV SD Negeri 03 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah, dan 2) mengetahui efektivitas RPP tematik-integratif dengan karakter tanggung jawab menggunakan model inquiry di kelas IV SD Negeri 03 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D ). Tahap penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang telah dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan, dan 3) pengujian dan implementasi. Subjek uji pendahuluan adalah dua orang validator ahli. Subjek uji utama adalah peserta didik kelas IV A SDN 03 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah yang berjumlah 25 peserta didik serta guru kelas IV SDN 03 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah yang berjumlah 2 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi kegiatan guru dan peserta didik, angket penilaian perangkat pembelajaran oleh validator ahli media dan ahli materi, pre-test, dan tes hasil belajar peserta didik serta angket respon guru terhadap produk. Teknik analisis data hasil penilaian validator pada uji terbatas menggunakan statistik Aiken?s V. Teknik analisis data pre-test dan tes hasil belajar pada uji utama menggunakan Paired T-Test atau uji T Berpasangan. Hasil penelitian ini adalah 1) RPP tematik-integratif dengan karakter tanggung jawab menggunakan model inquiry menurut validator ahli media dan validator ahli materi adalah layak untuk digunakan dibuktikan dengan rerata skor Aiken?s V adalah 0,791 serta untuk masing-masing komponen RPP mendapatkan skor mendekati 1 dengan kata lain memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi dan layak untuk digunakan 2) Uji efektivitas menggunakan desain eksperimen ¬before-after dengan data hasil pre-test dan tes hasil belajar menunjukkan perbedaan yang signifikan. Signifikansi yang dihasilkan dari perhitungan SPSS menunjukkan angka 0,0001 ? 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan dari hasil belajar peserta didik baik dari aspek pengetahuan, sikap tanggung jawab, dan keterampilan. Y1 - 2015/05/30/ UR - http://eprints.uny.ac.id/19317/ M1 - tesis ID - UNY19317 TI - Pengembangan RPP Tematik-Integratif dengan Karakter Tanggung Jawab Menggunakan Model Inquiry Di Kelas IV SD Negeri 03 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah AV - public KW - RPP KW - tematik-integratif KW - tanggung jawab KW - inquiry ER -