TY - THES Y1 - 2015/05/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana dalam pengembangan kelas olahraga di SMA Negeri 5 Magelang, yang terdiri dari: (1) perencanaan sarana olahraga; (2) pengadaan sarana olahraga; (3) penggunaan sarana olahraga; (4) pemeliharaan sarana olahraga; dan (5) penghapusan sarana olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, guru olahraga, siswa kelas XI jurusan olahraga. Objek penelitian ini adalah pengelolaan sarana olahraga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis kuantitatif dengan persentase deskriptif. Pengelolaan sarana dalam pengembangan kelas olahraga di SMA Negeri 5 Magelang adalah sebagai berikut: (1)Perencanaan sarana olahraga termasuk dalam kategori ?baik? dengan persentase 68,00%. Perencanaan melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, dan guru; (2) pengadaan sarana olahraga yang dilakukan menurut kebutuhan yang ada, serta menggunakan alokasi dana yang telah disediakan, pengadaan masuk dalam kategori ?baik? dengan persentase 68,75%; (3) penggunaan sarana olahraga telah sesuai dengan fungsi, peraturan, serta jadwal yang telah ditentukan, penggunaan masuk dalam kategori ?baik? dengan persentase sebesar 71,88%; (4) pemeliharaan sarana dilakukan dengan baik namun belum maksimal karena tidak ada petugas khusus dalam memelihara sarana olahraga, ditunjukkan dengan persentase 51,45% dan dalam kategori ?sedang?; (5) penghapusan sarana olahraga belum dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada, penghapusan masuk dalam kategori ?kurang baik? dengan persentase 43,06%. PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Sanur Ayu, Wantira TI - PENGELOLAAN SARANA DALAM PENGEMBANGAN KELAS OLAHRAGA DI SMA NEGERI 5 MAGELANG AV - public ID - UNY19154 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/19154/ ER -