%A Permana Wahyu Indra %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) implementasi kebijakan pendidikan karakter (2) faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kebijakan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah, tenaga pendidik, serta peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis model triagulasi sumber yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi kebijakan pendidikan karakter peserta didik sma di Homeschooling Anak Pelangi sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat ditunjukan dengan kegiatan sehari-hari seperti berdoa sebelum pembelajaran sehari-hari, masuk homeschooling harus berjabat tangan dengan semua tenaga pendidik dan lain-lainnya. Implementasi pendidikan karakter terbagi menjadi berbagai kegiatan: a) kegiatan indoor. b) kegiataan outdoor. c) kegiatan sehari-hari. (2) faktor pendukung Homeschooling Anak Pelangi meliputi berbagai elemen: tenaga pendidik, divisi psikologi, peserta didik dan orangtua. Faktor penghambat yakni kurangnya dukungan orangtua terhadap peserta didik sehingga pengajaran yang diberikan lebih sulit untuk diterapakan dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci : Implementasi pendidikan karakter, Homeschooling Anak Pelangi %L UNY19143 %I UNY %D 2015 %T IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SMA HOMESCHOOLING ANAK PELANGI YOGYAKARTA