TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/19114/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA N 1 Pengasih Kulon Progo melalui penggunaan teknik time token. Prosedur tindakan ditentukan bersama secara kolaboratif antara peneliti, guru dan peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X1 SMA N 1 Pengasih Kulon Progo yang terdiri dari 30 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara, catatan lapangan, angket, dokumentasi dan tes berbicara bahasa Jerman. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas X1SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo sebesar 12,87%, serta terdapat keberhasilan proses berupa peningkatan keaktifan peserta didik pada pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik sebesar 12,60%. Peserta didik aktif dalam mengajukan pertanyaan, bekerjasama dalam kelompok (diskusi) dan menyampaikan informasi/pendapat atau jawaban. M1 - skripsi A1 - Findarawati, Dhella PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 PENGASIH KULON PROGO MELALUI TEKNIK TIME TOKEN AV - public Y1 - 2014/07/21/ KW - berbicara KW - sma N 1 pengasih KW - time token ID - UNY19114 ER -