@phdthesis{UNY19108,
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
            year = {2015},
           month = {January},
          author = {Mufti Prakoso},
           title = {KEEFEKTIFAN TEKNIK STORYBOARD 
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA 
PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGPUCUNG CILACAP},
        abstract = {Penelitian  dengan  judul  ?Keefektifan  Teknik  Storyboard  dalam 
Pembelajaran Menulis Naskah Drama Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 
Karangpucung Cilacap? bertujuan  untuk  mengetahui  perbedaan  keterampilan 
menulis naskah drama pada siswa yang mengikuti pembelajaran menulis naskah 
drama menggunakan teknik storyboarddan  pembelajaran  menulis naskah drama 
tanpamenggunakan teknik  storyboard  pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 
Karangpucung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan 
penggunaan teknik  storyboard  dalam pembelajaran menulis naskah drama  siswa 
kelas VIII SMP Negeri 1 Karangpucung Cilacap. 
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  eksperimen  dengan  rancangan  
pretestt-posttest  control  group  design.  Variabel  dalam  penelitian  ini  adalah  
penggunaan teknik  storyboard  dan keterampilan menulis naskah drama siswa.  
Populasi dalam penelitian ini  adalah  siswa  kelas  VIII  SMP Negeri  1 
Karangpucung Cilacap. Sampel penelitian adalah kelas VIIB dan VIIIC. Teknik 
pengumpulan data menggunakan tes menulis naskah drama. Validitas instrumen yang 
digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Uji reliabilitas dilakukan 
dengan rumus  koefisien  alpha cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai 
reliabilitas 0,880  yang lebih  besar  dari  koefisien  0,6.  Teknik  analisis  data  
dilakukan  dengan menggunakan  teknik  uji-t  dengan  memperhatikan  syarat  
normalitas  dan homogenitas. 
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor  
posttest menulis naskah drama siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. 
Pada kelompok  kontrol  terdapat 5  siswa  yang  mendapat  skor  rendah, 26  siswa 
mendapat skor  sedang,  dan 1 siswa  mendapat  skor  tinggi.  Pada  kelompok 
eksperimen tidak ada siswa  yang mendapat skor rendah, 18 siswa mendapat skor 
sedang, dan 14 siswa mendapat skor tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat 
perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis naskah dramakelompok kontrol 
dan kelompok eksperimen. Hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen 
menghasilkan thitung  sebesar  -7,965  dengan  df  31 dan ttabel  2,042  pada taraf 
signifikansi 5\%. Hal tersebut menunjukkan bahwa teknik  storyboard  efektif 
digunakan pada pembelajaran menulis naskah drama karena nilai thitung{\ensuremath{<}} -ttabel (-7,965 
{\ensuremath{<}}  -2,042).  Berdasarkan  hasil  tersebut,  maka  teknik  storyboard   efektif 
digunakan pada pembelajaran menulis naskah drama di kelas VIII SMP Negeri 1 
Karangpucung Cilacap.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/19108/}
}