%L UNY19016 %A Daniar Murdi %X Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPS menggunkan program lectora materi penyimpangan sosial siswa SMP kelas VIII berdasarkan tingkat kelayakan atau keterbacaan media oleh peserta didik dari segi: validasi ahli materi, Validasi ahli media, guru, dan Siswa pada uji coba terbatas Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini melibatkan 32 peserta didik pada uji coba. Sebelum diuji cobakan produk divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 guru IPS dengan skala lima. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: Hasil validasi ahli materi, ahli media, guru IPS dan penilaian siswa menunjukan bahwa media pembelajaran IPS dengan tema “Penyimpangan sosial” memiliki kelayakan pembelajaran yang “baik” 3,6 – 4,7 dengankategoribaik.Dengandemikian mediapembelajaranmenggunakanlectoramateri“penyimpangansosial”padamatapelajaranIPSuntuksiswaSMPkelas VIIIyang telahdikembangkandinyatakanlayakuntukdigunakan. Kata kunci: Media, IPS, Interaktif, Lectora, Penyimpangan Sosial %T Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPS Menggunakan Program Lectora Materi Penyimpangan Sosial untuk Siswa SMP Kelas VIII %I Fakultas Ilmu Sosial %D 2014