%J E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin %D 2014 %A Danang Ardianto %I Jurusan Pendidikan Teknik Mesin %N 1 %V 2 %L UNY18952 %X Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan modul pada pembelajaran Membaca Gambar Teknik. Penelitian eksperimen semu ini menagmbil kelas X TPB sebagai kelas eksperimen pembelajaran dengan modul dan kelas X TPE sebagai kelas kontrol. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data, sedang kisi-kisi soal dan butir soal tes digunakan sebagai instrumennya. Uji-t diterapkan untuk mengnalisis data. Hasil belajar kelas eksperimen memperoleh mean 77,7, modus 76 & 80, median 76. Nilai tertinggi 92, dan nilai terendahnya 60. Hasil belajar kelas kontrol memperoleh mean 64, modus 60, median 64. Nilai tertinggi 80, dan nilai terendahnya 44. Analisis uji-t menghasilkan thitung = 6,68 > ttabel = 1,67. Diputuskan terdapat perbedaan pada hasil belajar kelas yang menggunakan modul dengan kelas yang tidak menggunakan modul. %T PENERAPAN MODUL PADA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN %K Modul, Gambar Teknik, Pembelajaran