TY - THES ID - UNY18948 UR - http://eprints.uny.ac.id/18948/ M1 - skripsi AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan: (1) keaktifan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul dalam pembelajaran bahasa Jerman, (2) prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul melalui teknik Marry Go Round. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Strategi ditentukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul. Analisis data penelitian ini dengan deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) keberhasilan poses dan (2) keberhasilan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Peserta didik menjadi lebih aktif berinteraksi dengan guru maupun dengan peserta didik lainnya. Indikator keberhasilan produk dapat dilihat dari meningkatnya prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik. Nilai rata-rata keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik membaik. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan sebesar 16.37%. Y1 - 2014/08/21/ PB - Universitas Negeri Yogyakarta KW - menulis KW - marry go round KW - sma negeri 1 banguntapan A1 - Ratnasanti, Irene Sonia TI - UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL MELALUI TEKNIK MARRY GO ROUND ER -