TY - THES PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Wahyuni, Ririn N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA N 1 Minggir antara yang diajar dengan teknik Brainstorming dan yang diajar dengan teknik konvensional, dan (2) keefektifan penggunaan teknik Brainstorming dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA N 1 Minggir, Sleman. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Data diperoleh melalui skor keterampilan membaca bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 1 Minggir yang berjumlah 124 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X 3 (31 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas X 4 (31 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20. Data dianalisis dengan menggunakan ujit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 3,911 > ttabel 2,000 pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 8,2%. Nilai ratarata peserta didik kelas eksperimen adalah 25,53 lebih besar daripada kelas kontrol yakni 24,75. Hal ini menunjukkan bahwa nilai peserta didik kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai peserta didik kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan teknik Brainstorming lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman di SMA N 1 Minggir. Y1 - 2014/10/20/ UR - http://eprints.uny.ac.id/18931/ ID - UNY18931 M1 - skripsi KW - brainstorming KW - membaca KW - sma AV - public TI - KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK BRAINSTORMING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA N I MINGGIR SLEMAN ER -