TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan: (1) motivasi belajar peserta didik kelas XI Bahasa MAN Purworejo dalam pembelajaran bahasa Jerman, (2) prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI Bahasa MAN Purworejo melalui media kartu Quartett. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Strategi ditentukan secara kolaboratif antara peneliti, guru, dan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Bahasa MAN Purworejo. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Keberhasilan proses dilihat dari peningkatan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Jerman. Keberhasilan produk dilihat dari peningkatan prestasi keterampilan menulis bahasa Jerman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi peserta didik dalam proses belajar mengajar. Peserta didik menjadi lebih semangat dalam proses belajar mengajar. Nilai rata-rata keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik membaik. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan sebesar 14,24%. Y1 - 2014/10/05/ A1 - Rohmatun, Nuri PB - Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY18920 M1 - skripsi AV - public KW - menulis KW - quartet KW - man purworejo TI - UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI BAHASA MAN PURWOREJO MELALUI KARTU QUARTETT UR - http://eprints.uny.ac.id/18920/ ER -