%0 Thesis %9 S1 %A Vivi Margiani, Vivi %B Pendidikan Luar Sekolah %D 2015 %F UNY:18917 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI BERMAIN PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN PENITIPAN ANAK AL-FITROH KECAMATAN TEMPEL KABUPATEN SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/18917/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan strategi pembelajaran melalui bermain pada anak usia dini. Penerapan strategi ini meliputi proses pelaksanaan, faktor pendukung, dan faktor penghambat penerapan strategi pembelajaran melalui bermain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengambil lokasi penelitian di Taman Penitipan Anak Al-Fitroh Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman. Subyek penelitian ini adalah Pengelola, fasilitator, dan peserta didik usia 3 - 4 tahun Taman Penitipan Anak Al-Fitroh Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran melalui bermain ini meliputi proses persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan meliputi mempersiapkan bahan dan alat pembelajaran, menyediakan tempat, menyusun jadwal kegiatan pembelajaran yang selalu berganti setiap minggunya dan mengadakan pertemuan khusus dengan wali murid. Pelaksanaan meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, istirahat dan kegiatan penutup. Evaluasi meliputi penilaian tentang kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan, berupa catatan perkembangan, 2) faktor pendukung pembelajaran melalui bermain adalah antusiasme peserta didik dalam segala kegiatan pembelajaran, kekompakan fasilitator dalam melaksanakan segala kegiatan pembelajaran, terjalin hubungan yang baik antara fasilitator, peserta didik dan orang tua peserta didik Taman Penitipan Anak (TPA), 3) faktor penghambat pembelajaran melalui bermain adalah fasilitator kurang kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran, fasilitator belum bisa menghadapi karakter masing – masing peserta didik, kurangnya sarana dan prasarana yang ada di Taman Penitipan Anak (TPA). Kata kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Pembelajaran, Taman Penitipan Anak (TPA)