TY - THES PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 3 TEMANGGUNG A1 - Yustina, Ina Dani AV - public ID - UNY18908 KW - mind map KW - menulis KW - sma Y1 - 2014/07/14/ UR - http://eprints.uny.ac.id/18908/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan positif dan signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 3 Temanggung antara yang diajar dengan menggunakan teknik Mind Map dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional, dan (2) keefektifan penggunaan teknik Mind Map dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 3 Temanggung. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Data diperoleh melalui skor keterampilan menulis bahasa Jerman pada pre test dan post test. Penelitian ini terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas yakni penggunaan teknik Mind Map dan variabel terikat yakni prestasi menulis bahasa Jerman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA N 3 Temanggung yang berjumlah 133 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 2 (33 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 (33 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa t hitung 3,122 > t tabel 1,997 pada taraf signifikansi ? 0,05 dan db sebesar 64. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang positif dan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 8,3%. Nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen adalah 12,40 lebih besar dari pada kelas kontrol yakni 11,62. Hal ini menunjukan bahwa nilai peserta didik kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai peserta didik kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan teknik Mind Map lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman di SMA N 3 Temanggung. M1 - skripsi ER -