@phdthesis{UNY18892, year = {2014}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Dita Zahra Kirana}, title = {KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA LAGU PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURWOREJO}, month = {October}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri Purworejo antara yang diajar menggunakan media lagu dan yang diajar menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan media lagu pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman.Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test post test control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri Purworejo yang berjumlah 273 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Kelas X-4 yang terdiri dari 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan klas X-7 yang terdiri dari 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari skor keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik pada pre-test dan post-test. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Data dianalisis menggunakan uji-t.Hasil penelitian menujukkan bahwa = 4,912 lebih besar daripada = 4,00 dengan taraf signifikansi {\ensuremath{\alpha}} = 0,05 dan df sebesar 61. Nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 10,87, sedangkan nilai rata-rata post-test kelompok kontrol sebesar 9,53. Bobot keefektifan sebesar 14,36\%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa,(1) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman dan (2) penggunaan media lagu dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Purworejo lebih efektif daripada dengan media konvensional.}, keywords = {lagu, berbicara, madrasal aliyah}, url = {http://eprints.uny.ac.id/18892/} }