%0 Thesis %9 S1 %A Rakhmat, Fauzie %B Administrasi Pendidikan %D 2015 %F UNY:18861 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T KONDISI ALAT BERMAIN DI TK AL – FURQON YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/18861/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi alat bermain di TK Al-Furqon Yogyakarta. Kondisi alat bermain anak dapat dilihat melalui ketersediaan alat bermain di TK Al-Furqon Yogyakarta dan jumlah alat bermain di TK Al-Furqon Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian dilakukan di TK Al-Furqon Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah Kepala TK Al-Furqon Yogyakarta dan guru TK Al-Furqon Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi alat bermain di TK AlFurqon Yogyakarta memiliki 90% alat bermain yang tersedia di dalam ruangan dari 20 alat bermain yang terdapat dalam pilihan angket. TK Al-Furqon Yogyakarta memiliki 68,75% alat bermain yang tersedia di luar ruangan dari 16 alat bermain yang tersedia dalam pilihan anket. Keseluruhan kondisi alat bermain dalam keadaan baik. Tema atau materi yang akan diberikan menentukan kapan alat bermain akan digunakan. Metode pembelajaran guru menentukan pemanfaatan alat dalam meningkatkan perkembangan motorik, kognitif, kreatifitas, bahasa, dan sosial anak.