@phdthesis{UNY18801, month = {August}, title = {EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MULTIMEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KETRAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN, KLATEN}, author = {Santy Roosita Pertiwie}, school = {Fakultas Bahasa dan Seni}, year = {2014}, keywords = {microsoft office powerpoint, menulis, sma}, url = {http://eprints.uny.ac.id/18801/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar ketrampilan menulis bahasa Prancis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan, Klaten antara yang diajar menggunakan aplikasi multimedia Microsoft Office PowerPoint dengan peserta didik yang diajar menggunakan media konvensional, dan (2) Keefektifan penggunaan aplikasi multimedia Microsoft Office PowerPoint pada ketrampilan menulis bahasa Prancis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan, Klaten. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Prambanan, Klaten. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Adapun hasilnya kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen (32 siswa) yang diajar menggunakan aplikasi multimedia Microsoft Office PowerPoint dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol (34 siswa) yang tidak menggunakan aplikasi multimedia Microsoft Office PowerPoint. Uji validitas menggunakan validitas isi, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-t dan gain score. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar ketrampilan menulis bahasa Prancis peserta didik kelas IX IPA SMA Negeri 1 Prambanan, Klaten antara kelompok yang diajar dengan menggunakan aplikasi multimedia Microsoft Office PowerPoint dan kelompok yang diajar dengan menggunakan media konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar dari skor ttabel (th: 4,109 {\ensuremath{>}} tt : 1,99) pada taraf signifikansi 5\%, dan (2) Penggunaan aplikasi multimedia Microsoft Office PowerPoint lebih efektif untuk mengajarkan ketrampilan menulis bahasa Prancis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan, Klaten dibandingkan dengan media konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan gain score sebesar 0,498 (kategori sedang).} }