%0 Thesis %9 S1 %A Pratama, Herru Yoga %B Pendidikan Bahasa Perancis %D 2014 %F UNY:18785 %I Fakultas Bahasa dan Seni %K strategi belajar, sma n 2 sleman %T ANALISIS STRATEGI BELAJAR BAHASA PERANCIS SISWA KELAS XI IPA DI SMA N 2 SLEMEN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 %U http://eprints.uny.ac.id/18785/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Bagaimana penggunaan strategi belajar bahasa Perancis secara umum siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 (2) Bagaimana penggunaan strategi belajar bahasa Perancis siswa-siswa berprestasi. Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi data untuk mendapatkan keabsahan hasil penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahap: (1) menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mendapatkan informasi tentang cara belajar bahasa Perancis siswa, (2) melakukan wawancara secara mendalam atau indept intervieuw untuk mendapatkan topik informasi yang diteliti,(3) melakukan observasi di dalam kelas untuk mengamati tindakan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) siswa secara umum cenderung menggunakan strategi Metakognitif, Memori, Kompensasi dan Kognitif. (2) siswa berprestasi yang telah diteliti cenderung menggunakan semua jenis strategi belajar. Wujud strategi-strategi belajar tersebut dapat terlihat dalam tindakan-tindakan seperti mengatur dan merencanakan pembelajaran bahasa Perancis. Tindakantindakan tersebut tidak hanya diterapkan dalam proses pembelajaran secara formal dengan bantuan guru, akan tetapi menjadikan diri sendiri sebagai pusat pembelajaran. Strategi belajar telah membimbing siswa berprestasi menjadi pelajar yang mandiri, aktif dan percaya diri dalam menggunakan bahasa Perancis secara alamiah.