TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/18721/ AV - public TI - PENGAYAAN BENTUK DALAM PEMBELAJARAN GAMBAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENYAJIAN VIDEO ANIMASI SPONGEBOB SQUAREPANTS KW - pembelajaran gambar KW - video animasi ID - UNY18721 M1 - skripsi PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Wulan, Raras Nawang Y1 - 2014/07/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan bentuk dalam gambar anak usia 5-6 tahun yang dipengaruhi video animasi SpongeBob SquarePants. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berupa karya gambar anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah dipengaruhi video animasi SpongeBob SquarePants dari TK Putra Harapan desa Rajek Wetan, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta berjumlah 20 anak dan TK IV Islamic Center GUPPI desa Plaosan, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta berjumlah 20 anak. Objek penelitian difokuskan pada perkembangan bentuk yang terjadi dalam gambar anak usia 5-6 tahun yang dipengaruhi video animasi SpongeBob SquarePants. Data diperoleh melalui teknik observasi keterlibatan aktif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis model Miles dan Huberman, yakni melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data diperoleh melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dan dependabilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penelitian dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Pada pertemuan I, anak menggambar bebas dan belum disajikan video animasi SpongeBob SquarePants, anak menghasilkan bentuk gambar objek manusia, binatang, tanaman, rumah, benda langit, dan alat transportasi. Pada pertemuan II dan III, anak disajikan video animasi SpongeBob SquarePants dan tetap menghasilkan bentuk gambar objek manusia, binatang, tanaman, rumah, benda langit, dan alat transportasi namun mengalami perkembangan linier dan lateral sehingga bentuk objek yang digambarkan menjadi lebih lengkap dan beragam. Perkembangan linier ditandai dengan penggambaran bentuk objek dasar yang sama dan berkesinambungan antara pertemuan I, II, dan III. Hasilnya terdapat pada penggambaran bentuk objek anak laki-laki, anak perempuan, tanaman, benda langit, rumah segiempat, kupu-kupu, ikan, mobil, dan pesawat terbang. Perkembangan lateral ditandai dengan penggambaran bentuk objek dasar yang tidak sama dan tidak berkesinambungan antara pertemuan I dengan pertemuan II dan III. Hasilnya terdapat pada penggambaran bentuk objek SpongeBob, Patrick, burung, ubur-ubur, sapi, capung, kucing, gajah, dan kepiting, rumah nanas, rumah batu, rumah moai, rumah jangkar kapal, perahu boat, kapal laut, dan kereta api. ER -