%0 Thesis %9 S1 %A Febrina Ida, Sulistiyawati %A Sugi Rahayu, M. Si, %B Administrasi Negara %D 2013 %F UNY:18688 %I Fakultas Ilmu Sosial %T PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI PERATURAN TENTANG PENATAAN TOKO MODERN DAN PERILAKU BELANJA MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PASAR TRADISIONAL DI KABUPATEN BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/18688/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Masyarakat mengenai Peraturan tentang Penataan Toko Modern terhadap Keberadaan Pasar Tradisional di Kabupaten Bantul; 2) Perilaku Belanja Masyarakat Kabupaten Bantul setelah adanya toko modern terhadap Keberadaan Pasar Tradisional di Kabupaten Bantul; dan 3) Persepsi Masyarakat mengenai Peraturan tentang Penataan Toko Modern dan Perilaku Masyarakat terhadap Keberadaan Pasar Tradisional di Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Lokasi penelitian di Kabupaten Bantul. Metode penggumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Hubungan penelitian ini dengan Ilmu Administrasi Negara adalah penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pendapat masyarakat mengenai peraturan penataan toko modern yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dalam melindungi keberadaan pasar tradisional. Dengan penelitian ini maka dapat diketahui bagaimana hasil pembuatan kebijakan publik yang dibuat oleh administrator negara serta tanggapan masyarakatnya yang nantinya dapat memeberikan masukan terhadap implementasi kebijakan yang telah dibuat dan ikut mengawasi jalannya kebijakan tersebut.. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Persepsi masyarakat mengenai peraturan tentang penataan toko modern berpengaruh secara signifikan terhadap keberadaan pasar tradisional di Kabupaten Bantul. Peraturan tentang penataan toko modern saat ini diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bantul Nomor 17 Tahun 2012 yang saat ini masih dalam tahap sosialisai. Masyarakat memberikan tanggapan yang positif terhadap peraturan tentang penataan toko modern. 2) Perilaku belanja masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap keberadaan pasar tradisional di Kabupaten Bantul. Perilaku belanja masyarakat dipengaruhi oleh barmacam-macam faktor antara lain: tingkat pendapatan, kebutuhan, selera, teknologi, dan juga adanya persepsi masyarakat mengenai tempat berbelanja yang akan mereka lakukan. 3) Persepsi masyarakat mengenai peraturan tentang penataan toko modern dan perilaku belanja masyarakat secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keberadaan pasar tradisional di Kabupaten Bantul. Kata kunci : Penataan Toko Modern, Perilaku Belanja Masyarakat, Keberadaan Pasar Tradisional