eprintid: 18685 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1271 dir: disk0/00/01/86/85 datestamp: 2015-05-18 02:52:33 lastmod: 2019-01-29 22:23:29 status_changed: 2015-05-18 02:52:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ristasari, Weni title: KEEFEKTIFAN STRATEGI CONTOH NON-CONTOH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PETUNJUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SRANDAKAN BANTUL, DIY ispublished: pub subjects: E1 divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia full_text_status: public keywords: keefektifan, strategi Contoh Non-Contoh, menulis petunjuk abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan keterampilan menulis petunjuk antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Contoh Non-Contoh dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Contoh Non-Contoh, dan (2) keefektifan strategi Contoh Non-Contoh dalam pembelajaran menulis petunjuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Srandakan Bantul, DIY. Strategi Contoh Non-Contoh digunakan dalam penelitian ini dengan dilandaskan pada asumsi bahwa strategi Contoh Non-Contoh memiliki beberapa kelebihan sehingga perlu diujicoba keefektifannya dalam pembelajaran menulis petunjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan quasi exsperiment design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa strategi Contoh Non-Contoh dan variabel terikat yang berupa keterampilan menulis petunjuk. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Srandakan berjumlah 148. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yang berupa tes menulis petunjuk. Hasil uji normalitas sebaran data dalam penelitian ini menunjukkan data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis petunjuk antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Contoh Non-Contoh dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Contoh Non-Contoh. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t skor pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan thitung (th) lebih besar dari skor ttabel (th=2,362>tt=2,010) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan df 49. Strategi Contoh Non-Contoh efektif digunakan dalam pembelajaran menulis petunjuk. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t skor prates dan pascates kelompok eksperimen yang menunjukkan bahwa skor thitung (th) adalah sebesar 2,362 dengan df 25. Skor ttabel pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan df 25 adalah 2,060. Hal ini menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar daripada skor ttabel (th=4,681>tt=2,060). date: 2014-03-17 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: skripsi citation: Ristasari, Weni (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI CONTOH NON-CONTOH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PETUNJUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SRANDAKAN BANTUL, DIY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/18685/1/Weni%20Ristasari%2009201244029.pdf