TY - THES M1 - skripsi AV - public TI - STRATEGI PEMBELAJARAN PRAKTIK KELAS X DKV I DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan guru DKV Dasar dalam pembelajaran praktik di dalam kelas X DKV I di SMK N 3 Kasihan Bantul Yogyakarta, yakni strategi pembelajaran langsung. Strategi pembelajaran praktik (ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab) yang diterapkan pada kelas X DKV I di SMK N 3 Kasihan Bantul Yogyakarta, terfokus pada mata pelajaran praktik DKV Dasar. Data diperoleh dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan oleh bapak Zumarudin selaku guru DKV Dasar dari kelas X DKV I SMK Negeri 3 Kasihan Bantul Yogyakarta adalah strategi pembelajaran langsung (direct instruction) yang berarti strategi yang kadar berpusat pada gurunya paling tinggi, (2) Metode yang digunakan guru dalam mengajar di kelas adalah metode ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab (3) Dari metode yang digunakan terdapat 28 peserta didik dari 33 peserta didik yang ada di kelas X DKV I sudah mencapai KKM, sedangkan 5 peserta didik memiliki nilai di bawah KKM, dan setelah dilakukan remidial semua peserta didik tersebut telah mencapai KKM yang sudah ditentukan pada akhir semester. UR - http://eprints.uny.ac.id/18682/ KW - strategi pembelajaran praktik KW - SMK Y1 - 2014/07/11/ A1 - Manyahsya, Muhammad Nur Yahdii PB - Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY18682 ER -