eprintid: 18673 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/01/86/73 datestamp: 2015-05-20 00:39:13 lastmod: 2019-05-09 02:03:15 status_changed: 2015-05-18 02:36:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hadi, M. Samsul title: Pemahaman Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terhadap Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah ispublished: pub subjects: pendidikan_ips divisions: pps_ips full_text_status: public keywords: pemahaman, Kurikulum 2013, pendekatan saintifik. penilaian autentik abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pemahaman guru IPS terhadap pendekatan saintifik dan penilaian autentik dalam Kurikulum 2013 yang meliputi: 1) pemahaman guru terhadap pendekatan saintifik yang terdiri atas: (a) konsep pembelajaran dengan pendekatan saintifik, (b) tujuan pembelajaran pendekatan saintifik, (c) prinsip pendekatan saintifik, dan (d) langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik. 2) pemahaman guru terhadap penilaian autentik yang terdiri atas: (a) konsep penilaian autentik, (b) penilaian autentik dalam istrumen penilaian kompetensi sikap, (c) penilaian autentik dalam istrumen penilaian kompetensi pengetahuan dan, (d) penilaian autentik dalam istrumen penilaian kompetensi keterampilan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri se Kecamatan Praya Timur dengan subyek penelitiannya semua guru mata pelajaran IPS berjumlah 18 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, angket, wawancara observasi. Wawancara digunakan untuk mengetahui pemahaman terhadap pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian autentik. Sedangkan observasi digunakan untuk melihat pelaksanaan pendekatan saintifik dan penilaian autentik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman guru mata pelajaran IPS terhadap pendekatan saintifik pada kategori sangat sesuai sebanyak 3 guru, kategori sesuai sebanyak 11 guru, kategori tidak sesuai sebanyak 4 guru. Menujukkan pemahaman guru terhadap pendekatan saintifik sebagian besar dipahami oleh guru. (2) pemahaman guru mata IPS terhadap penilaian autentik pada kategori sangat sesuai sebanyak 2 guru, kategori sesuai sebanyak 7 guru, kategori tidak sesui sebanyak 9 guru. Menunjukkan pemahaman guru sebagian besar belum memahami penilaian autentik dalam Kurikulum 2013 dengan maksimal. Dapat disimpulkan bahwa guru setuju dengan implementasi Kurikulum 2013 dengan pemerintah secara intensif mensosialisasikan kurikulum 2013. date: 2015-05-30 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Hadi, M. Samsul (2015) Pemahaman Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terhadap Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/18673/7/tesis-m-samsul-hadi-13705251018.swf