%0 Thesis %9 S1 %A Aprianto, Irawan Agung %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2014 %F UNY:18667 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K menyimak, membaca cerpen, menulis, smp %T HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MENYIMAK BERITA DAN MEMBACA CERPEN DENGAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS VII SMP N 2 WATES KULONPROGO TAHUN AJARAN 2013/2014 %U http://eprints.uny.ac.id/18667/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak berita dengan kemampuan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP N 2 Wates Kulonprogo tahun ajaran 20013/2014; (2) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca cerpen dengan kemampuan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP N 2 Wates Kulonprogo tahun ajaran 2013/2014; (3) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak berita dan membaca cerpen secara bersama-sama dengan kemampuan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP N 2 Wates Kulonprogo tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan model korelasional. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dengan skala Likert dan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Wates Kulonprogo dengan jumlah sampel 144 atau 100% dari jumlah populasi. Uji instrumen dilakukan dengan menggunakan Alpha Cronboach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5% dan analisis regresi dua prediktor. Analisis data meliputi pengujian persyaratan analisis yang berupa uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak berita dengan kemampuan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kkelas VII SMP N 2 wates Kulonprogo dengan nilai