TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar karikatur. Gambar karikatur dipilih sebagai media dalam penelitian ini karena gambar karikatur merupakan salah satu media yang dapat memberikan kesan yang berbeda bagi siswa, dapat merangsang imajinasi siswa dalam mengembangkan kerangka karangan sehingga dapat menghasilkan karangan deskripsi yang baik dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI SMK Takhassus Al Quran Wonosobo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 34 siswa. Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lapangan dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, angket, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan diukur berdasarkan proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran menulis deskripsi ke arah yang lebih baik. Sedangkan keberhasilan produk diukur berdasarkan skor KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menulis deskripsi sebesar 73. Sebelum dilakukan tindakan siklus I dan siklus II, kemampuan menulis siswa belum dapat dikatakan baik. Aspek yang dinilai yaitu isi, organisasi, kosa kata, penggunaan bahasa, dan mekanik. Dari aspek-aspek tersebut, aspek isi dan mekanik merupakan aspek yang belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Tindakan pada siklus I dan siklus II adalah pemberian materi menulis deskripsi, langkah-langkah menulis deskripsi, dan aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam menulis deskripsi. Untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan menulis siswa, pada akhir pertemuan tiap siklus peneliti melakukan tes menulis deskripsi dengan media gambar karikatur. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase Kriteria aspek menulis deskripsi yang selalu mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Hasil ini berdasarkan pada hasil tes siswa pratindakan dengan skor rata-rata sebesar 71,6, siklus I dengan skor ratarata sebesar 78,76, dan siklus II dengan skor rata-rata sebesar 82,79. Peningkatan jumlah skor kemampuan menulis deskripsi dari pratindakan menuju siklus I sebesar 7,16 dan peningkatan jumlah skor dari siklus I menuju siklus II sebesar 4,14. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar karikatur dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas XI AK 1 SMK Takhassus Al Quran Wonosobo. Y1 - 2014/03/14/ A1 - Amaluddin, Ikrar PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MEDIA GAMBAR KARIKATUR PADA SISWA KELAS XI SMK TAKHASSUS AL QURAN WONOSOBO AV - public KW - menulis deskripsi KW - gambar karikatur KW - smk M1 - skripsi ID - UNY18665 UR - http://eprints.uny.ac.id/18665/ ER -