eprintid: 18649 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1271 dir: disk0/00/01/86/49 datestamp: 2015-05-18 01:47:44 lastmod: 2019-01-29 22:22:10 status_changed: 2015-05-18 01:47:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Riantika, Amalia title: UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI MENGGUNAKAN STRATEGI COLLABORATIVE WRITING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NGEMPLAK ispublished: pub subjects: E1 divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia full_text_status: public keywords: menulis, keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi, dan collaborative writing abstract: Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi melalui strategi collaborative writing pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ngemplak. Penelitian tindakan ini memiliki empat prosedur dalam pelaksanaannya yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Ngemplak yang berjumlah 31 siswa. Data yang digunakan berupa hasil observasi, catatan lapangan, hasil wawancara, hasil tes keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi siswa, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi collaborative writing dapat meningkatkan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Ngemplak. Peningkatan tampak pada proses dan produk. Peningkatan proses terlihat dari kondisi siswa yang lebih perhatian, aktif, bersemangat, suasana yang kondusif dan terbangunnya bentuk kerjasama dalam pelaksanaan pembelajaran. Peningkatan produk terlihat dari nilai rata-rata hasil tulisan siswa yang meningkat, yaitu pratindakan 69,28, siklus I 77,61, dan Siklus II 84,23. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi collaborative writing merupakan salah satu strategi yang mampu meningkatkan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi siswa. date: 2014-07-17 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: skripsi citation: Riantika, Amalia (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI MENGGUNAKAN STRATEGI COLLABORATIVE WRITING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NGEMPLAK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/18649/1/Amalia%20Riantika%2010201244018.pdf