@phdthesis{UNY18648, month = {November}, title = {HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN TINGKAT SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA SMP SE KABUPATEN BANTUL}, author = {Afi Cahyaningrum}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2014}, abstract = {Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara minat membaca dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa SMP se-Kabupaten Bantul, (2) mengetahui adanya hubungan yang signifikan tingkat sosial ekonomi orangtua dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa SMP se-Kabupaten Bantul, (3) mengetahui adanya hubungan yang signifikan minat membaca dan tingkat sosial ekonomi orangtua dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa SMP se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Pengambilan data menggunakan teknik angket dan tes. Populasi penelitian ini adalah 86 SMP se-Kabupaten Bantul. Sampel penelitian berjumlah 194 dengan mengambil tiga sekolah secara random sampling. Tes kemampuan membaca pemahaman menggunakan soal pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban sedangkan minat baca dan tingkat sosial ekonomi orang tua menggunakan kuesioner berjumlah 30 dengan alternatif jawaban menggunakan skala Likert. Data dianalisis dengan product moment sebelum data dianalisis perlu uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda. Pengolahan data semua dibantu dengan SPSS seri 20. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa SMP se-Kabupaten Bantul dengan nilai r sebesar 0,989 dan p = 0,000, (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat sosial ekonomi orang tua dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa SMP se-Kabupaten Bantul dengan nilai r sebesar 0,984 dan p = 0,000, (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan tingkat sosial ekonomi orang tua dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa SMP se-Kabupaten Bantul dengan nilai Fhitung sebesar 5983,872, Ftabel sebesar 3,06, dan p = 0,000. Maka secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa minat baca dan tingkat sosial ekonomi orang tua memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan membaca pemahaman.}, keywords = {minat baca, tingkat sosial ekonomi orang tua, kemampuan membaca pemahaman}, url = {http://eprints.uny.ac.id/18648/} }