eprintid: 18646 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1271 dir: disk0/00/01/86/46 datestamp: 2015-05-15 06:54:58 lastmod: 2019-01-29 22:22:03 status_changed: 2015-05-15 06:54:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurfaijah, Siti title: KEEFEKTIFAN TEKNIK KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL ispublished: pub subjects: E1 divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia full_text_status: public keywords: Teknik Khusus, membaca cepat abstract: Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca cepat antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan Teknik Khusus dan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca cepat tanpa menggunakan Teknik Khusus. Kedua, untuk menguji keefektifan Teknik Khusus dalam pembelajaran membaca cepat siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Variabel yang digunakan ada dua, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Penggunaan Teknik Khusus adalah variabel bebas sedangkan kemampuan membaca cepat adalah variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul yang terdiri atas enam kelas. Berdasarkan teknik simple random sampling, ditetapkan kelas XI IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI 1PS 3 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu tes kemampuan membaca cepat yang berbentuk pilihan ganda. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian homogen. Setelah diketahui hasil tes awal dan tes akhir kelompok tersebut normal dan homogen, dilakukan uji beda dengan menggunakan uji-t. Simpulan dalam penelitian ini sebagai berikut. (1) Ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca cepat antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan Teknik Khusus dan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca cepat tanpa menggunakan Teknik Khusus. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji-t skor tes akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang diperoleh nilai thitung = 2,423 dan p = 0,019 (p < 0,05). (2) Teknik Khusus terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran membaca cepat siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul. Hal ini ditunjukkan oleh perbedaan hasil analisis uji-t data tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung = 4,909 dan p = 0,000 (p < 0,05). Selain itu, terdapat kenaikan skor rata-rata antara kelompok eksperimen sebesar 3,71, sedangkan kelompok kontrol hanya sebesar 2,41. date: 2014-07-18 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: skripsi citation: Nurfaijah, Siti (2014) KEEFEKTIFAN TEKNIK KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/18646/1/Siti%20Nurfaijah%2010201241039.pdf