%0 Thesis %9 S1 %A Prastawa, Yusuf Beni %A Saliman, %B Pendidikan IPS %D 2014 %F UNY:18583 %I Fakultas Ilmu Sosial %T PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION DAN NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/18583/ %X Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini karena masih belum optimalnya pengembangan kemampuan kerja sama dan rendahnya hasil belajar IPS kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan metode STAD dan NHT dalam meningkatkan kemampuan kerja sama dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel diambil peneliti dengan teknik simple random sampling, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, angket, dan tes. Analisis data dalam penelitian eksperimen ini menggunakan analisis independent t-test terhadap gain score (selisih antara pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara metode STAD dan NHT dalam hal kemampuan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 14 Yogyakarta yang dibuktikan dengan nilai thitung>ttabel (5,544>1,994). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan peningkatan yang signifikan antara metode STAD dan NHT dalam hal hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta karena berdasarkan uji Mann-Whitney diperoleh nilai probabilitas (sig)>0,05 (0,692>0,05) sehingga tidak cukup bukti untuk menolak Ho. Kata kunci: metode STAD, metode NHT, kerja sama, hasil belajar, pembelajaran IPS