TY - THES M1 - skripsi ID - UNY18574 AV - public TI - PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TURI TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 UR - http://eprints.uny.ac.id/18574/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penerapan metode pembelajaran active learning tipe quiz team terhadap motivasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan, 2) pengaruh penerapan metode pembelajaran active learning tipe quiz team terhadap prestasi belajar Pendidikan kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain control group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Turi tahun ajaran 2013/ 2014 sebanyak 4 kelas dengan jumlah 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara teknik sampling purposive, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (25 siswa) dan kelompok kontrol (25 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket/ kuesioner dan tes prestasi belajar. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5% dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran active learning tipe quiz team dibandingkan metode ceramah terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung: 3,103 > ttabel: 2,021), dan nilai signifikansi sebesar 0,003 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,003<0,05). Perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa metode active learning tipe quiz team lebih berpengaruh dibandingkan metode ceramah terhadap motivasi belajar siswa. Besarnya pengaruh dapat dilihat dari perolehan gain score di kelas eksperimen 0.39 (sedang) dan dikelas control 0,08 (rendah). Kedua, ada pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran active learning tipe quiz team dibandingkan metode ceramah terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar daripada ttabel (thitung: 6,707 > ttabel: 2,021), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000 <0,05).Perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa metode active learning tipe quiz team lebih berpengaruh dibandingkan metode ceramah terhadap prestasi belajar siswa. Besarnya pengaruh dapat juga dilihat dari perolehan gain score di kelas eksperimen 0.58 (sedang) dan dikelas Kontrol 0,09 (rendah). Kata Kunci: quiz team, motivasi dan prestasi belajar, Pendidikan Kewarganegaraan Y1 - 2014/// A1 - WIDIANINGRUM, DIAH PB - Fakultas Ilmu Sosial ER -