eprintid: 18572 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 1211 dir: disk0/00/01/85/72 datestamp: 2015-05-15 03:20:54 lastmod: 2019-01-29 22:19:12 status_changed: 2015-05-13 03:08:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Riko, Septiantoko corp_creators: Taat Wulandari, M. Pd title: PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 2 SRANDAKAN ispublished: pub subjects: D6 divisions: fis_pend_ips full_text_status: public abstract: Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya faktor dari dalam siswa dan dari luar siswa. Faktor dari dalam siswa yaitu motivasi siswa sedangkan dari luar salah satunya faktor lingkungan keluarga. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 2 Srandakan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Srandakan dengan populasi sejumlah 452 siswa dan diambil sampel sejumlah 199 siswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba angket diujicobakan di SMP 2 Kretek dan uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 2 Srandakan tahun ajaran 2012/2013 dengan nilai koefisien korelasi (r) bernilai positif sebesar 0,440 (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga tahun ajaran 2012/2013 dengan nilai koefisien korelasi (r) bernilai positif sebesar 0,440 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 2 Srandakan tahun ajaran 2012/2013 dengan nilai koefisien korelasi (Ry ) sebesar 0,528, nilai koefisien korelasi (Ry (1,2) (1,2) ) bernilai positif dan hasil uji F diperoleh sebesar 37,973. Kata kunci : motivasi belajar, lingkungan keluarga, hasil belajar IPS date: 2013 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Sosial department: Pendidikan IPS thesis_type: skripsi citation: Riko, Septiantoko (2013) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 2 SRANDAKAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial. document_url: http://eprints.uny.ac.id/18572/1/A%20HALAMAN%20DEPAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/18572/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/18572/3/C%20BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/18572/4/D%20BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/18572/5/E%20BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/18572/6/F%20BAB%20V.pdf