@phdthesis{UNY18572, school = {Fakultas Ilmu Sosial}, title = {PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 2 SRANDAKAN}, year = {2013}, author = {Septiantoko Riko}, url = {http://eprints.uny.ac.id/18572/}, abstract = {Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya faktor dari dalam siswa dan dari luar siswa. Faktor dari dalam siswa yaitu motivasi siswa sedangkan dari luar salah satunya faktor lingkungan keluarga. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 2 Srandakan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Srandakan dengan populasi sejumlah 452 siswa dan diambil sampel sejumlah 199 siswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba angket diujicobakan di SMP 2 Kretek dan uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 2 Srandakan tahun ajaran 2012/2013 dengan nilai koefisien korelasi (r) bernilai positif sebesar 0,440 (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga tahun ajaran 2012/2013 dengan nilai koefisien korelasi (r) bernilai positif sebesar 0,440 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 2 Srandakan tahun ajaran 2012/2013 dengan nilai koefisien korelasi (Ry ) sebesar 0,528, nilai koefisien korelasi (Ry (1,2) (1,2) ) bernilai positif dan hasil uji F diperoleh sebesar 37,973. Kata kunci : motivasi belajar, lingkungan keluarga, hasil belajar IPS} }