eprintid: 18571 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 1211 dir: disk0/00/01/85/71 datestamp: 2015-05-13 03:03:27 lastmod: 2019-01-29 22:19:09 status_changed: 2015-05-13 03:03:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NINGSIH, WIDYA ASTUTI corp_creators: Saliman title: HUBUNGAN MINAT MENJADI GURU DAN PENGALAMAN PPL DENGAN KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN IPS ANGKATAN 2010 FIS UNY ispublished: pub subjects: A1 subjects: pendidikan_ips divisions: fis_pend_ips full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara Minat Menjadi Guru dengan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan IPS Angakatan 2010 FIS UNY. (2) Hubungan antara Pengalaman PPL dengan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY. (3) Hubungan antara Minat Menjadi Guru dan Pengalaman PPL secara bersama-sama dengan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan IPS Angkatan 2010 yang berjumlah 84 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan rumus regresi ganda dan keberartian regresi ganda dengan uji F. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Minat Menjadi Guru (X1) dengan Kesiapan Menjadi Guru (Y) Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,407 lebih besar dari r tabel 0,213, N= 84. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Pengalaman PPL (X2) dengan Kesiapan Menjadi Guru (Y) Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,336 lebih besar dari r tabel 0,213, N= 84. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Minat Menjadi Guru (X1) dan Pengalaman PPL (X2) secara bersama-sama dengan Kesiapan Menjadi Guru (Y) Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,472, koefisien determinasi 0,223 dan nilai F hitung sebesar 11,594. Dengan dimikian, minat mempunyai peranan yang lebih tinggi di banding pengalaman PPL kaitanya dengan hubungan terhadap kesiapan menjadi guru Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Pengalaman PPL, dan Kesiapan Menjadi Guru. date: 2014 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Sosial department: Pendidikan IPS thesis_type: skripsi citation: NINGSIH, WIDYA ASTUTI (2014) HUBUNGAN MINAT MENJADI GURU DAN PENGALAMAN PPL DENGAN KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN IPS ANGKATAN 2010 FIS UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial. document_url: http://eprints.uny.ac.id/18571/1/1.%20HALAMAN%20DEPAN_09416244021.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/18571/2/2.%20abstrak%2009416244021.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/18571/3/4.%20BAB%20I_09416244021.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/18571/4/5.%20BAB%20II_09416244021.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/18571/5/6.%20BAB%20III_09416244021.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/18571/6/7.%20BAB%20IV_09416244021.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/18571/7/8.%20BAB%20V_09416244021.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/18571/8/9.%20LAMPIRAN_09416244021.pdf