@phdthesis{UNY18571, year = {2014}, author = {WIDYA ASTUTI NINGSIH}, title = {HUBUNGAN MINAT MENJADI GURU DAN PENGALAMAN PPL DENGAN KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN IPS ANGKATAN 2010 FIS UNY}, school = {Fakultas Ilmu Sosial}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara Minat Menjadi Guru dengan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan IPS Angakatan 2010 FIS UNY. (2) Hubungan antara Pengalaman PPL dengan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY. (3) Hubungan antara Minat Menjadi Guru dan Pengalaman PPL secara bersama-sama dengan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan IPS Angkatan 2010 yang berjumlah 84 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach?s Alpha. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan rumus regresi ganda dan keberartian regresi ganda dengan uji F. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Minat Menjadi Guru (X1) dengan Kesiapan Menjadi Guru (Y) Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,407 lebih besar dari r tabel 0,213, N= 84. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Pengalaman PPL (X2) dengan Kesiapan Menjadi Guru (Y) Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,336 lebih besar dari r tabel 0,213, N= 84. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Minat Menjadi Guru (X1) dan Pengalaman PPL (X2) secara bersama-sama dengan Kesiapan Menjadi Guru (Y) Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,472, koefisien determinasi 0,223 dan nilai F hitung sebesar 11,594. Dengan dimikian, minat mempunyai peranan yang lebih tinggi di banding pengalaman PPL kaitanya dengan hubungan terhadap kesiapan menjadi guru Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Pengalaman PPL, dan Kesiapan Menjadi Guru.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/18571/} }