@phdthesis{UNY18564, author = {Nurcholish Arifin Handoyo}, title = {Perbedaan Pengaruh Metode Inquiry Learning dan Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Perbaikan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik XI TKR di SMK Negeri 1 Seyegan}, month = {March}, year = {2015}, school = {UNY}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan metode inquiry learning, problem-based learning dan konvensional; (2) perbedaan hasil belajar berdasarkan metode pembelajaran dan motivasi belajar peserta didik secara gabungan; (3) perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang bermotivasi belajar tinggi dan peserta didik yang bermotivasi belajar rendah; dan (4) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi-experiment faktorial 2x3. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Seyegan. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI TKR 1 sebagai kelompok eksperimen I, XI TKR 2 sebagai kelompok eksperimen II, dan XI TKR 3 sebagai kelompok kontrol. Hasil belajar diukur menggunakan tes, sedangkan motivasi belajar diukur menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah ANOVA dua jalur dengan bantuan program statistik SPSS 22. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang diajar menggunakan metode inquiry learning, problem-based learning, dan konvensional. (2) Ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara peserta didik yang bermotivasi belajar tinggi dengan peserta didik yang bermotivasi belajar rendah. (3) Tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. (4) Hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode inquiry learning secara signifikan lebih rendah atau sama dengan metode konvensional. (5) Hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode problem-based learning secara signifikan lebih rendah atau sama dengan metode konvensional. (6) Hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode inquiry learning secara signifikan lebih rendah atau sama dengan metode problem-based learning.}, keywords = {metode inquiry learning, metode problem-based learning, hasil belajar PKKR, motivasi belajar, SMK}, url = {http://eprints.uny.ac.id/18564/} }