%D 2014 %L UNY18402 %K teknik perembukan, pembelajaran menulis argumentasi %A Nita Irawati %I Universitas Negeri Yogyakarta %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis argumentasi antara kelompok eksperimen yang menggunakan teknik perembukan dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan teknik perembukan dalam pembelajaran menulis argumentasi dan menguji keefektifan penggunaan teknik perembukan dalam pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Minggir. Sampel yang digunakan adalah kelas X-1 untuk kelas eksperimen dan kelas X-2 untuk kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes awal dan tes akhir. Sebelum dilakukan analis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor tes awal dan tes akhir berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji–t. Hasil analisis data kemudian disimpulkan sesuai permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan menulis argumentasi antara kelompok eksperimen yang menggunakan teknik perembukan dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan teknik perembukan. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji–t yang dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0. Uji–t skor tes akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan t hitung (th) adalah 3,494 dengan db 60 diperoleh nilai p sebesar 0,001. Nilai p lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa teknik perembukan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir. Keefektifan teknik perembukan dalam pembelajaran menulis argumentasi dibuktikan dengan pengujian gain score. Hasil pengujian gain score menunjukkan bahwa gain score kelompok eksperimen sebesar 0,2108 lebih besar dibandingkan dengan gain score kelompok kontrol sebesar 0, 1131. %T KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK PEREMBUKAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MINGGIR