eprintid: 18393 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1271 dir: disk0/00/01/83/93 datestamp: 2015-05-08 03:55:04 lastmod: 2019-01-29 22:12:16 status_changed: 2015-05-08 03:55:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Patmawati, Dewi title: KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH ispublished: pub subjects: E1 divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia full_text_status: public keywords: metode Learning Start With A Question, membaca pemahaman abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Learning Start With A Question dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode Learning Start With A Question pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah; (2) menguji keefektifan metode Learning Start With A Question terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Berdasarkan teknik random sampling ditetapkan kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitas isi untuk mengetahui seberapa isi instrumen telah mencerminkan isi yang ditetapkan. Validitas konstruk dilakukan dengan mengkonsultasikan isi instrumen kepada ahli (expert judgment). Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05 (5%). Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Pengujian yang dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS 16.00 yang menunjukan pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menghasilkan nilai thitung 3,684, ttabel sebesar 1,990 dan nilai p sebesar 0,000 (p <0,05) yang berarti signifikan. Pada analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung 5,609, ttabel sebesar 2,031 dan nilai p sebesar 0,000 (p <0,05) yang berarti signifikan. Kenaikan skor rerata kelompok kontrol sebesar 1,09, sedangkan kelompok eksperimen sebesar 2,34. Simpulan penelitian berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Learning Start With A Question dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode Learning Start With A Question pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah; (2) metode Learning Start With A Question efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah. date: 2014-07-17 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: skripsi citation: Patmawati, Dewi (2014) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/18393/1/Dewi%20Patmawati%2010201241054.pdf