eprintid: 18376 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1271 dir: disk0/00/01/83/76 datestamp: 2015-05-08 01:47:28 lastmod: 2019-01-29 22:11:40 status_changed: 2015-05-08 01:47:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Megarini, Priska title: KEEFEKTIFAN METODE PEMODELAN DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDEKLAMASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SARADAN ispublished: pub subjects: E1 divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia full_text_status: public keywords: metode pembelajaran, keterampilan berdeklamas abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara keterampilan berdeklamasi siswa SMA Negeri 1 Saradan dengan menggunakan metode pemodelan dan siswa yang diajar tanpa menggunakan metode pemodelan, dan (2) keefektifan penggunaan metode dalam pembelajaran berdeklamasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Saradan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Control Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Saradan. Teknik pengambilan sampel menggunakan undian. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa kelas XA dengan jumlah 26 siswa sebagai kelompok eksprimen dan kelas XB dengan jumlah 26 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes berdeklamasi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Hasil uji normalitas menunjukkan varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penghitungan uji-t menunjukkan skor pascates keterampilan berdeklamasi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen bahwa thitung lebih besar dari ttabel (th:3,213>tt: 2,008) pada taraf signifikansi 5% dan db 50. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berdeklamasi yang signifikan antara kelompok yang diberi pembelajaran dengan menggunakan metode pemodelan dan kelompok yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan metode pemodelan. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan skor prates dan pascates keterampilan berdeklamasi kelompok eksperimen bahwa thitung lebih besar dari ttabel (th 4,758 > tt 2,008) pada taraf signifikan 5% dan db 50. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdeklamasi dengan menggunakan metode pemodelan lebih efektif daripada pembelajaran berdeklamasi tanpa menggunakan metode pemodelan pada kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemodelan efektif untuk meningkatkan kemampuan berdeklamasi. date: 2014-07-18 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: skripsi citation: Megarini, Priska (2014) KEEFEKTIFAN METODE PEMODELAN DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDEKLAMASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SARADAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/18376/1/Priska%20Megarini%2009201241056.pdf