%0 Thesis %9 S1 %A Wibawono, Arif Rahman Deny %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2014 %F UNY:18365 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K keefektifan, teknik REAP, membaca pemahaman, siswa SMP Negeri 1 Jogonalan %T KEEFEKTIFAN PENERAPAN TEKNIK REAP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JOGONALAN %U http://eprints.uny.ac.id/18365/ %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan teknik REAP dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan teknik REAP; (2) untuk mengetahui keefektifan teknik REAP dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jogonalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jogonalan. Berdasarkan teknik random sampling ditetapkan kelas VII E sebagai kelompok kontrol dan kelas VII G sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 20.0 menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan teknik REAP dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan teknik REAP; (2) teknik REAP efektif digunakan untuk pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jogonalan. Perbedaan kemampuan yang signifikan ditunjukkan dengan hasil analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 2,868 dengan df 80 dan p sebesar 0,005. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,868 > 1,993) dan nilai p = 0,005 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,05). Keefektifan teknik REAP dapat dilihat dari hasil uji-t pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 9,945 dengan df 40 dan p sebesar 0,000. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (9,945 > 2,021) dan nilai p = 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,05), serta terdapat kenaikan skor rerata antara kelompok eksperimen yang lebih besar, yaitu 3,43 daripada kelompok kontrol, yaitu 1,61.