%0 Thesis %9 S1 %A Purwaningtyas, Veronika Febriani %B Pendidikan Kimia %D 2011 %F UNY:18351 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBANTUAN KOMPUTER MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2010/2011 %U http://eprints.uny.ac.id/18351/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik pada kelas eksperimen, (2) perbedaan motivasi belajar kimia antara peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, (3) efektivitas penerapan media pembelajaran kimia berbantuan komputer materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan terhadap peningkatan prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen, apabila pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA semester 2 SMA Negeri 2 Purworejo yang terbagi menjadi 4 kelas. Sampel penelitian terbagi dalam 2 kelas, yaitu kelas kontrol (A1) dan kelas eksperimen (A2) yang diambil secara purposive sampling. Hipotesis diuji dengan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek, dan uji analisis kovarian (anakova). Hasil uji-t sama subjek menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hasil uji-t beda subjek menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dengan peserta didik pada kelas kontrol. Hasil analisis kovarian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, penerapan media pembelajaran kimia berbantuan komputer materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan tidak efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 SMA Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2010/2011.