@phdthesis{UNY18341, year = {2015}, school = {UNY}, author = {Wiworo retnadi rias Hayu}, title = {Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SPP) IPA Berdasarkan Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Curiosity Peserta Didik SMP N 1 Prambanan}, month = {April}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan kelayakan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berdasarkan Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses dan curiosity peserta didik, (2) mengetahui hasil peningkatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan Subject Specific Pedagogy IPA berdasarkan Project Based Learning yang dikembangkan, (3) mengetahui hasil peningkatan curiosity dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan Subject Specific Pedagogy IPA berdasarkan Project Based Learning yang dikembangkan, dan (4) mengetahui perbedaan keefektifan penerapan pembelajaran menggunakan Subject Specific Pedagogy IPA berdasarkan Project Based Learning terhadap keterampilan proses dan curiosity. Produk yang dikembangkan berupa Subject Specific Pedagogy IPA perangkat pembelajaran yang meliputi Silabus, RPP, Materi Ajar, LKPD dan LEPD. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada langkah-langkah model prosedural yang diadaptasi dari Model Borg \& Gall yang meliputi studi pendahuluan dan pengembangan, pengembangan (meliputi penyusunan SSP dan validasi, uji coba terbatas dan revisi, uji coba diperluas) dan evaluasi (meliputi penyempurnaan produk, serta diseminasi dan implementasi produk). Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan dua guru IPA. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VIIB SMP N 1 Prambanan dengan melakukan pembelajaran dan mengujikan semua SPP yang dikemabangkan. Uji coba diperluas dilaksanakan di SMP N 1 Prambanan dengan kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Subject Specific Pedagogy IPA layak digunakan dengan kategori ?Sangat Baik?. (2) Subject Specific Pedagogy IPA berdasarkan Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan proses. (3) Subject Specific Pedagogy IPA berdasarkan Project Based Learning dapat meningkatkan curiosity. (4) Subject Specific Pedagogy IPA berdasarkan Project Based Learning efektif meningkatkan keterampilan proses dan curiosity.}, keywords = {SSP, keterampilan proses sains, dan curiosity}, url = {http://eprints.uny.ac.id/18341/} }