%L UNY18339 %X Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar tingkat miskonsepsi atas konsep bilangan kuantum dan konfigurasi elektronik pada guru kimia SMA/MA di Yogyakarta. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru kimia SMA/MA di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 guru. Tahap-tahap penelitian ini adalah: 1) Tahap persiapan, yakni penyusunan format kisi-kisi, 2) Penyusunan instrumen soal, 3) Validasi soal secara content validity, 4) Penyusunan kembali soal-soal yang telah divalidasi, 5) Penentuan sampel penelitin, 6) Pengumpulan data, dan 7) Analisis data secara kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah soal berupa pertanyaan uraian singkat terbatas dan pilihan ganda terbuka (jawaban lebih dari satu atau tersedia isian jawaban) beralasan. Hasil penelitian ini adalah terjadi miskonsepsi untuk konsep bilangan kuantum dan konfigurasi elektronik. Miskonsepsi untuk bilangan kuantum adalah bilangan kuantum utama hanya benilai 1 sampai dengan 7; tingkat energi tidak berbanding terbalik dengan kuadrat n; nilai l dan macamnya tidak bergantung pada bilangan kuantum utama; untuk nilai n yang sama semakin besar nilai l tidak mennjukkan semakin besar pula tingkat energinya; hubungan antara bilangan kuantum ml dengan diagram kotak orbital selalu dipahami berurutan dari bilangan bertanda negatif (-l) menuju bilangan bertanda positif (+l) atau sebaliknya, pengurutan nilai ml : -1, 0, +1 sesuai dengan urutan alfabetik orbital px, py, pz serta tidak memahami hubungan ml dengan orientasi orbital terhadap sumbu Cartes; angka superscript pada orbital menyatakan “elektron ke” yang terkait dengan nilai ml-nya; bilangan kuantum spin +½ lebih dipilih untuk elektron nir-pasangan karena berbeda stabilitasnya dan merupakan kesepakatan; dan elektron terluar dipahami sebagai elektron pada kotak orbital tertinggi dan elektron yang terdapat pada nilai ml tertinggi atau terendah dalam pengisian elektron dalam orbital “kotak”. Miskonsepsi untuk konfigurasi elektronik adalah miskonsepsi atas urutan energi orbital selalu mengikuti (diagram) aufbau; konsep aufbau dipahami sebagai proses kimia dan nama orang yang menciptakan diagram aufbau; dan konfigurasi elektronik dapat dituliskan 2 macam yaitu mengikuti aufbau dan dituliskan berbalikan bagi unsur transisi yakni ….(n-1)dx ns1-2. %A Dhian Juwitasari %D 2011 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T STUDI MISKONSEPSI ATAS KONSEP BILANGAN KUANTUM DAN KONFIGURASI ELEKTRONIK PADA GURU KIMIA SMA/MA DI YOGYAKARTA