TY - THES A1 - Rahayu, Rina PB - UNY N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis problem based learning dalam pembelajaran IPA di SMP dan (2) perbedaan keterampilan memecahkan masalah dan scientific attitude antara pembelajaran yang menggunakan perangkat berbasis problem based learning dengan pembelajaran menggunakan perangkat konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Sleman, D. I. Yogyakarta pada Kelas VII semester dua Tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan pada uji coba terbatas 1 kelas dan uji coba lapangan 2 kelas dengan menggunakan teknik simple random sampling. Kelas VIIF sebagai kelas perlakuan yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning. Kelas VIIG sebagai kelas kontrol yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional. Perangkat pembelajaran di uji secara empiris di lapangan dan berdasarkan experts judgment. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, angket, dan tes. Teknik observasi dan angket digunakan untuk mengetahui kemampuan scientific attitude peserta didik. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat (MANOVA), paired sample t-test, dan Man-Whitney U karena data tidak homogen dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah layak digunakan berdasarkan pada hasil validasi ahli, uji coba terbatas, uji coba lapangan yang sesuai dengan problem based learning, sehingga telah teruji secara teoritis dan empiris dan (2) terdapat perbedaan nilai keterampilan memecahkan masalah dan scientific attitude antara pembelajaran yang menggunakan perangkat berbasis problem based learning dengan pembelajaran menggunakan perangkat konvensional. Y1 - 2015/04/30/ UR - http://eprints.uny.ac.id/18331/ M1 - tesis ID - UNY18331 KW - perangkat pembelajaran KW - problem based learning KW - keterampilan pemecahan masalah KW - scientific attitude AV - public TI - Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Scientific Attitude dan Keterampilan Pemecahan Masalah ER -