TY - THES TI - Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Strategi Self Regulated Learning (SRL) untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Tumbuhan Lumut di SMA Negeri 1 Sentolo AV - public KW - perangkat pembelajaran KW - strategi Self Regulated Learning (SRL) KW - kemampuan metakognitif KW - motivasi belajar M1 - tesis ID - UNY18323 UR - http://eprints.uny.ac.id/18323/ N2 - Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran strategi SRL yang layak digunakan dalam rangka meningkatkan kemampuan metakognitif dan motivasi belajar pada pembelajaran biologi, dan (2) membandingkan pembelajaran yang menggunakan perangkat berbasis strategi SRL dengan pembelajaran perangkat konvensional dalam meningkatkan kemampuan metakognitif dan motivasi belajar siswa. Produk yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKS, dan instrumen penilaian. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan strategi Borg & Gall yang meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk produk awal, (4) validasi produk dan revisi pertama, (5) uji coba terbatas, (6) revisi kedua, (7) uji coba luas, (8) revisi produk akhir (9) diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli pendidikan biologi, tiga guru biologi SMA Pilot Project. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas X MIA 1 SMAN 1 Sentolo. Uji coba diperluas dilaksanakan di kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan strategi SRL layak digunakan dalam rangka meningkatkan kemampuan metakognitif dan motivasi belajar pada pembelajaran biologi. (2) Ada perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan perangkat strategi SRL dengan pembelajaran perangkat konvensional dalam meningkatkan kemampuan metakognitif dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Sentolo . Y1 - 2015/04/30/ A1 - Agusta, Erie PB - UNY ER -