TY - THES ID - UNY18248 Y1 - 2014/05/19/ UR - http://eprints.uny.ac.id/18248/ PB - Universitas Negeri Yogyakarta KW - strategi Piramida Naratif KW - membaca cerpen KW - siswa SMP TI - KEEFEKTIFAN STRATEGI PIRAMIDA NARATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 YOGYAKARTA N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan membaca cerpen yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi Piramida Naratif dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi Piramida Naratif pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Yogyakarta; (2) menguji keefektifan strategi Piramida Naratif dalam pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, diproleh kelas VII E sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitas isi dan validitas konstruk kemudian dikonsultasikan kepada ahlinya (Expert Judgement). Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0.05 (5%). Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian dengan program SPSS 16.00. Bersadarkan analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai thitung adalah 4,915 dan nilai p sebesar 0,000 ( p < 0,05) yang berarti signifikan. Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung adalah 11,887 dan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05) yang berarti signifikan. Kenaikan skor rerata kelompok kontrol sebesar 2,18, sedangkan kenaikan skor rerata kelompok eksperimen sebesar 7,18. Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan membaca cerpen antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi Piramida Naratif dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi Piramida Naratif pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Yogyakarta; (2) strategi Piramida Naratif efektif digunakan dalam pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Yogyakarta. A1 - Suharini M1 - skripsi AV - public ER -