@phdthesis{UNY18233, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2014}, month = {October}, author = {Eny Yudaningrum}, title = {KEEFEKTIFAN STRATEGI POINT (PURPOSE, OVERVIEW, INTERPRET, NOTE, TEST) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA}, keywords = {Strategi POINT, membaca pemahaman, pembelajaran}, url = {http://eprints.uny.ac.id/18233/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi POINT dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi POINT di kelas VIII SMP Negeri 6 Yogyakarta; dan 2) menguji keefektifan strategi POINT dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi POINT, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca pemahaman siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik penyampelan tersebut, kelas VIII B ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII D ditetapkan sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa tes objektif pilihan ganda. Uji validitas instrumen berupa validitas isi. Reliabilitas instrumen dihitung dengan melihat nilai Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5 \% (0,05). Hasil uji prasyarat analisis skor pretes dan postes kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji-t data postes kemampuan membaca pemahaman kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh thitung sebesar 2,672; ttabel = 1,99; df = 66; dan p sebesar 0,009. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,672 {\ensuremath{>}} 1,99) dan p lebih kecil dari taraf signifikansi 5\% (0,009 {\ensuremath{<}} 0,050). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi POINT dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi POINT. Berdasarkan hasil analisis uji-t gain score rata-rata kemampuan membaca pemahaman kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar 3,116; ttabel = 1,99; df = 66; dan p sebesar 0,003 pada taraf signifikansi 5\% (0,05). Nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,116 {\ensuremath{>}} 1,99) dan p lebih kecil dari taraf signifikansi 5\% (0,003 {\ensuremath{<}} 0,050). Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan skor rata-rata yang berbeda antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kenaikan skor rata-rata kelompok kontrol sebesar 3,7; sedangkan kenaikan skor rata-rata kelompok eksperimen sebesar 5,12. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi POINT lebih efektif diterapkan dalampembelajaran membaca pemahaman.} }