%D 2013 %L UNY18193 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan lesson study oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) guna peningkatan kompetensi profesional guru PKn SMP se-Kabupaten Ogan Ilir. Penerapan lesson study dapat dilihat dari tahap-tahap yang dilaksanakan yaitu tahap perencanaan (plan), tahap pelaksanaan (do), dan tahap refleksi (see). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang meliputi seluruh guru peserta lesson study yang dilaksanakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PKn SMP Se-Kabupaten Ogan Ilir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menitik beratkan pada observasi, sedangkan wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menguatkan beberapa data observasi yang diperoleh. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi tiga tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan lesson study oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) melalui tahap-tahap sebagai berikut. Pertama, tahap perencanaan (plan). Pada tahap ini semua guru peserta lesson study berdiskusi membuat perencanaan pembelajaran. Diskusi pada tahap ini telah berjalan secara intensif. Kedua, tahap pelaksanaan (do). Pada tahap ini perencanaan pembelajaran yang telah dibuat pada tahap perencanaan (plan) dipraktekkan dan diamati oleh para observer dengan baik. Dan ketiga, tahap refleksi (see). Pada tahap ini semua yang telah dipraktekkan pada tahap pelaksanaan (do) dievaluasi secara bersama melalui diskusi yang aktif. Selain itu hasil dari penelitian ini adalah adanya efek dari penerapan lesson study oleh MGMP guna peningkatan kompetensi profesional guru PKn SMP se-Kabupaten Ogan Ilir yaitu memberikan dampak positif berupa peningkatan kompetensi profesional guru. Peningkatan kompetensi profesional tersebut dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengembangkan indikator yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, dapat memilih dan mengolah materi pelajaran secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, belajar dari berbagai sumber, dapat melakukan refleksi terhadap kinerja dan memanfaatkan hasil refleksi untuk peningkatan profesionalisme, serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Kata kunci: Kompetensi profesional , Lesson Study. %I Fakultas Ilmu Sosial %A Endah Septi Marweni %T PENERAPAN LESSON STUDY OLEH MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) GUNA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PKN SMP SE-KABUPATEN OGAN ILIR