@phdthesis{UNY18171, school = {Fakultas Ilmu Sosial}, year = {2013}, author = {Teguh Hariyanto}, title = {OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMAN 1 KASIHAN KELAS XI IPS 1 TAHUN AJARAN 2012-2013}, url = {http://eprints.uny.ac.id/18171/}, abstract = {Rendahnya minat dan prestasi belajar sejarah diakibatkan karena guru masih menggunakan metode konvensional saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan, diantaranya pertama untuk mengetahui pembelajaran sejarah selama ini di SMAN 1 Kasihan, kedua mengetahui bagaimana meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dengan optimalisasi penggunaan media pembelajaran Powerpoint. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Proses pengambilan data dalam penelitian ini melalui wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes hasil belajar. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber data dan metode. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran sejarah selama ini di SMAN 1 Kasihan masih konvensional dan belum pernah menggunakan media Powerpoint. Pembuatan media Powerpoint mampu meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Media pembelajaran Powerpoin dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata minat siswa meningkat dari 62 menjadi 67,5, sedangkan rata-rata prestasi meningkat dari 57,9 menjadi 65,3. Pada siklus II rata-rata minat siswa meningkat dari 66,32 menjadi 67,89, sedangkan rata-rata prestasi meningkat dari 62,9 menjadi 73,9. Pada siklus III rata-rata minat siswa meningkat dari 70 menjadi 75, sedangkan rata-rata prestasi meningkat dari 70,3 menjadi 87,5. Kendala-kendala yang dihadapi selama penelitian ini adalah pembuatan media Powerpoint yang harus benar-benar menarik dan efisien, masih ada siswa yang bingung saat disuruh ikut serta dalam mebuat media pembelajaran, masih ada siswa yang tidak aktif, dan tidak semua siswa berminat dengan diadakannya kuis berhadiah. Kata kunci: Media pembelajaran Powerpoint, minat belajar, dan prestasi belajar} }