TY - THES AV - public TI - Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Pecahan Tema 3 Berbasis Teori Bruner dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Peserta Didik di Kelas IV SD Labschool Unesa KW - perangkat pembelajaran KW - teori Bruner KW - kemampuan pemecahan masalah KW - prestasi belajar ID - UNY18119 M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/18119/ Y1 - 2015/04/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi pecahan tema 3 berbasis teori Bruner ditinjau dari kualitas produk secara umum (kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan) dan dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar peserta didik di kelas IV SD Labschool Unesa. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg & Gall, yang meliputi 10 langkah: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draft produk, 4) uji coba lapangan terbatas, 5) revisi produk hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk hasil uji coba, 8) uji coba produk operasional, 9) revisi produk akhir, dan 10) diseminasi. Subjek penelitian dalam uji coba terbatas berjumlah 4 siswa, sedangkan dalam uji coba lapangan berjumlah 8 siswa. Subjek uji coba produk operasional pada kelas eksperimen sebanyak 17 siswa dan kelas kontrol sebanyak 18 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian produk perangkat pembelajaran, lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, tes hasil belajar, angket respon guru, dan agket respon peserta didik. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran hasil pengembangan dinyatakan valid dengan kategori sebagai berikut: silabus berkategori ?baik?, RPP berkategori ?sangat baik?, tes hasil belajar berkategori ?baik?, dan media berkategori ?sangat baik?, sehingga rerata hasil semua perangkat pembelajaran adalah berkategori ?baik?. Penerapan perangkat pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil uji coba kelas eksperimen dan kelas kontrol, terdapat perbedaan yang signifikan pada ketercapaian hasil belajar sehingga perangkat pembelajaran dikatakan efektif, sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis teori Bruner hasil pengembangan mengalami peningkatan. PB - UNY A1 - Wijayanti, Lina ER -