TY - THES Y1 - 2014/06/27/ KW - media KW - pembelajaran KW - powerpoint KW - interaktif KW - wayang ID - UNY18112 AV - public A1 - Rahmani, Naila Fauzia PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT PEMBELAJARAN WAYANG UNTUK SISWA SMP KELAS VIII D.I YOGYAKARTA M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap pengembangan media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif powerpoint, mendeskripsikan kualitas media pembelajaran yang dikembangkan dalam bentuk multimedia interaktif powerpoint dan mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif powerpoint. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 33 siswa kelas VIII sebagai subjek ujicoba. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berupa kuisioner yang harus diisi oleh guru dan siswa setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Sebelum diujicobakan, media pembelajaran melalui tahap validasi media dan validasi materi oleh ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, dengan mentransformasikan data kualitatif menjadi data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah media interaktif powerpoint pembelajaran wayang yang dikemas dalam bentuk CD (compact disc). Tahapan dalam pengembangan media ini yaitu (1) Pengumpulan data awal, (2) Pengembangan produk, (3) Validasi ahli materi dan ahli media, (4) Revisi, (5) Uji coba produk, (6) Analisis data dan (7) Revisi produk akhir. Hasil penelitian ini terdiri dari dua aspek yaitu kualitas media dan tanggapan pengguna. Pada aspek kualitas media, penilaian dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Pada aspek tanggapan pengguna penilaian dilakukan oleh guru dan siswa. Penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase sebesar 63%. Penilaian oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 90%. Penilaian oleh guru mata pelajaran mendapatkan persentase sebesar 83%. Penilaian oleh siswa mendapatkan persentase sebesar 65,5%. Rata-rata penilaian secara keseluruhan adalah sebesar 75%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media pembelajaran wayang ini layak digunakanberdasarkan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media. UR - http://eprints.uny.ac.id/18112/ ER -