%0 Thesis %9 S1 %A Umamah, Diyah %A Muhammad Nur Sa’ban, %B Pendidikan IPS %D 2011 %F UNY:18046 %I Fakultas Ilmu Sosial %T UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE TIME TOKEN SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 3 PAKEM SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/18046/ %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS dengan penerapan metode pembelajaran Time Token dan (2) mendapatkan bukti bahwa metode pembelajaran Time Token dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Pakem tahun ajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus ditempuh dengan 2 kali tindakan dan terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran IPS berlangsung dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keaktifan dan hasil belajar dalam pelaksanaan pembelajaran mulai dari siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan dengan cara melalui semua komponen atau karakteristik Time Token yang terangkum dalam 15 indikator keaktifan dan melalui penyampaian informasi (penyajian kelas), kegiatan belajar kelompok dengan metode Time Token, pelaksanaan tes, dan skor peningkatan individu. (2) Bukti peningkatan keaktifan siswa, rata-rata keaktifan siklus I sebesar 59,44%. Pada siklus II mengalami peningkatan, yaitu menjadi 72,96% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 74,07%. Bukti peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah menggunakan metode pembelajaran Time Token selama pelaksanaan tindakan mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus III. Hasil belajar siswa yang sudah memenuhi nilai KKM (70) pada siklus I sebanyak 5 siswa (13,89%); meningkat pada siklus II sebanyak 18 siswa (51,42%); dan meningkat lagi pada siklus III sebanyak 26 siswa (72,22%). Dengan demikian metode pembelajaran Time Token dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS. Kata kunci : Time Token, Penelitian Tindakan Kelas, Keaktifan, Hasil belajar.